Tampang

Memilih Latihan Terbaik untuk Kesehatan Kardiovaskular

8 Jun 2024 20:39 wib. 417
0 0
Latihan Kardiovaskular
Sumber foto: google

Latihan kardiovaskular merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan tubuh. Kebugaran kardiovaskular dapat ditingkatkan melalui berbagai bentuk olahraga, namun tidak semua latihan memberikan manfaat yang sama. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai dua latihan kardiovaskular terbaik, yaitu mendayung (rowing) dan bersepeda (cycling), serta manfaat serta kelemahan dari masing-masing latihan tersebut.

Menurut Jake Harcoff, seorang spesialis kekuatan dan pengkondisian bersertifikat serta pendiri AIM Athletic CSCS, kedua latihan tersebut mempunyai kesamaan yang signifikan dalam meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Kedua latihan ini sangat efektif dalam meningkatkan detak jantung, memaksimalkan pembakaran kalori, serta meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh.

Mendayung adalah salah satu latihan kardiovaskular yang melibatkan banyak kelompok otot secara bersamaan, yakni kaki, otot inti, otot punggung, dan lengan. Hal ini membuat latihan mendayung menjadi pilihan yang sangat baik dalam meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Tidak hanya itu, latihan mendayung juga mengurangi stres di persendian sehingga cocok untuk orang dengan masalah persendian atau mereka yang mencari olahraga yang lebih ringan.

Namun, meskipun memiliki beragam manfaat, mendayung juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah kekhususannya yang memerlukan peralatan yang memadai. Hal ini membuat latihan mendayung tidak dapat dilakukan secara spontan seperti halnya berlari. Selain itu, menguasai teknik mendayung yang benar juga bisa menimbulkan tantangan dan berpotensi menimbulkan cedera, terutama bagi pemula.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Peraturan Baru dari Pemerintah, Seluruh Motor dan Mobil Wajib Miliki Asuransi Mulai 2025. Apakah Anda Setuju?