Tampang

9 Kesalahan Pola Asuh yang Membuat Anak Laki-laki Tidak Dewasa Anda Wajib Tahu

29 Jun 2024 08:02 wib. 74
0 0
9 Kesalahan Pola Asuh yang Membuat Anak Laki-laki Tidak Dewasa Anda Wajib Tahu

Anak perlu diberikan tanggung jawab yang sesuai usianya, guna pertumbuhan dan perkembangannya. Tetapi, orang tua yang terlalu protektif terkadang tanpa sengaja melindungi anak dari tanggung jawab tersebut karena takut gagal atau menghadapi kesulitan.

Padahal, orang tua perlu membiarkan anak untuk menjalankan tugas-tugas yang sesuai dengan usianya. Sebaliknya orang tua akan menghambat anak untuk mempelajari keterampilan hidup seperti pemecahan masalah, manajemen waktu, dan akuntabilitas. Dampak kurangnya tanggung jawab pada usianya, anak akan sulit berkembang menuju masa dewasa dan meningkatkan rasa ketergantungan pada orang lain.

4. Tidak pernah memberikan batasan

Dalam menjalani kehidupan, diperlukan batasan-batasan yang sehat dari orang tua untuk perkembangan emosional dan sosial anak. Terkadang orang tua merasa kesulitan menetapkan batasan yang tepat. Alhasil, membiarkan anak menjadi bergantung akan mencampur antara kebutuhan orang tua dan kebutuhan anak. Disarankan orang tua untuk memprioritaskan kesejahteraannya dan memberikan contoh merawat diri sendiri, sehingga dapat mengajarkan anak dalam memahami otonomi dan menghormati batasan pribadi masing-masing.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%