Tampang

6 Kebiasaan Jelang Tidur yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak

16 Jun 2024 16:59 wib. 22
0 0
6 Kebiasaan Jelang Tidur yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak
Sumber foto: pinterest

Apa yang dilakukan jelang tidur membawa perbedaan besar pada otak Anda. Berikut kebiasaan sebelum tidur yang mampu meningkatkan kecerdasan otak.Semua ahli sepakat bahwa tidur memengaruhi kondisi kesehatan tubuh termasuk otak. CDC merekomendasikan orang dewasa tidur setidaknya 8 jam tiap malam.
Tidur yang cukup memungkinkan Anda fokus keesokan harinya. Selain itu, Anda bisa mengaplikasikan kebiasaan berikut agar otak berada di kondisi terbaik.
1. Isi daya ponsel di ruangan berbeda
Blue light berkaitan dengan insomnia, depresi, dan kualitas tidur yang buruk. Laptop, ponsel, tablet pun jadi 'musuh' dalam hal tidur yang nyenyak dan cerdas.
Sebaiknya isi daya ponsel di ruangan berbeda 30 menit jelang tidur. Hal ini membuat Anda tidak tergoda untuk mengakses gawai tersebut.
2. Nyalakan pink noise
White noise bukan satu-satunya solusi menuju tidur nyenyak. Anda pun bisa mencoba menyalakan pink noise yang frekuensinya lebih rendah tapi lebih berdampak. Pink noise misalnya suara air terjun atau hujan deras.
"Semua (white noise, pink noise, brown noise) bekerja dengan baik menyerap suara lingkungan, tetapi pink noise bisa memiliki kemampuan untuk secara spesifik menginduksi pola gelombang otak yang meningkatkan kualitas tidur," kata peneliti tidur Michael Grandner mengutip dari Health.
3. Pakai diffuser
Aroma tertentu bisa mendatangkan rasa tenang dan rileks. Jika Anda menyukai wewangian, tak ada salahnya menggunakan diffuser guna menenangkan tubuh.
Aroma apa yang digunakan? Umumnya aroma lavender mampu memberikan ketenangan. Namun Anda bisa menggunakan aroma favorit apa pun itu.
4. Lapar? Ngemil yogurt lebih baik
Rasa lapar jelas bikin tidur tidak nyenyak. Namun makan berat hanya membuat tubuh 'sibuk' mencerna dan berujung susah tidur. Solusinya, cukup siapkan camilan berupa Greek yogurt dipadu selai kacang, buah atau sayur.
Melansir dari Eating Well, bahan tambahan berupa selai kacang, buah dan sayur memberikan asupan serat dan protein sehingga kenyang dan puas.
5. Makan kacang-kacangan
Selain yogurt, Anda bisa mengandalkan kacang-kacangan sebagai camilan yang sehat sekaligus bikin tidur nyenyak.
Secara alami, kacang-kacangan terutama kacang kenari mengandung melatonin atau senyawa yang mendukung tidur yang sehat. Selain kacang kenari, pistachio juga kaya akan melatonin.
6. Belajar
Ingin memastikan apa yang dipelajari diingat? Belajar saja sebelum tidur agar Anda bisa tidur.
Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2019 menemukan otak yang tertidur dapat menyandikan informasi baru dan menyimpannya dalam jangka panjang.Akan tetapi, untuk memaksimalkan pembelajaran, penting untuk tidur yang banyak setelah belajar agar performa maksimal keesokan harinya.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%