Tampang

Rupiah Melemah ke Posisi Terlemah dalam 4 Tahun, Dolar Naik ke Rp 15.955

3 Apr 2024 13:04 wib. 107
0 0
Rupiah Melemah ke Posisi Terlemah dalam 4 Tahun, Dolar Naik ke Rp 15.955
Sumber foto: freepik.com

Selain itu, pelemahan rupiah juga dapat mempengaruhi inflasi di dalam negeri. Dengan harga barang impor yang meningkat, kemungkinan terjadi inflasi di dalam negeri semakin besar. Akibatnya, biaya hidup masyarakat akan meningkat dan daya beli masyarakat akan menurun. Hal ini tentu akan menjadi perhatian serius bagi pemerintah, terutama dalam upaya menjaga stabilitas ekonomi.

Untuk mengatasi pelemahan ini, Bank Indonesia perlu melakukan langkah-langkah strategis dalam upaya menjaga nilai rupiah agar tidak semakin melemah terhadap dolar AS. Salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh BI adalah meningkatkan suku bunga acuan. Dengan meningkatkan suku bunga, BI dapat mengurangi tekanan terhadap rupiah, sehingga pergerakan pasar keuangan dalam negeri dapat lebih stabil.

Selain itu, langkah-langkah untuk mendorong ekspor dan menarik investasi asing juga perlu diperkuat. Dengan meningkatkan ekspor, dapat membantu menyeimbangkan defisit transaksi berjalan dan menjaga keseimbangan nilai tukar rupiah. Demikian juga dengan menarik investasi asing, dapat membantu meningkatkan cadangan devisa negara serta membuka peluang kerja bagi masyarakat.

Selain kebijakan dari pemerintah dan bank sentral, diperlukan pula dukungan dari sektor swasta dan masyarakat dalam upaya menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Dengan menjaga kestabilan nilai tukar rupiah, diharapkan dapat memberikan kepastian bagi para pelaku usaha, baik dalam perdagangan internasional maupun dalam aktivitas bisnis di dalam negeri.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Pesan Utama yang Disampaikan Al Quran
0 Suka, 0 Komentar, 11 Apr 2024
Resep Membuat Nasi Cikur Ala Resto Sunda
0 Suka, 0 Komentar, 23 Mar 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?