Tampang

Kalimantan Kurang Subur, Prabowo Mau Pindahkan Food Estate ke Papua

26 Sep 2024 10:55 wib. 34
0 0
Kalimantan Kurang Subur, Prabowo Mau Pindahkan Food Estate ke Papua
Sumber foto: iStock

Program lumbung pangan nasional atau food estate yang sejak awal direncanakan akan dikembangkan di Kalimantan, kini dikabarkan akan dialihkan ke Merauke. Hal ini diungkapkan oleh anggota dewan pakar TKN Prabowo, Drajad Wibowo, yang juga merupakan seorang ekonom senior di INDEF. Menurutnya, tanah di Kalimantan dinilai kurang subur dan mengalami berbagai persoalan, seperti kurangnya top soil untuk beberapa jenis tanaman.

Drajad menjelaskan bahwa tanah di Kalimantan kurang cocok untuk beberapa jenis tanaman, sehingga membuat pemerintah Prabowo memutuskan untuk mengalihkan pengembangan program lumbung pangan nasional ke Merauke. Meskipun tanah di Merauke diakui masih memiliki kekurangan dari sisi infrastruktur pendukungnya, namun dari segi agrikultur, tanah di Merauke dinilai lebih baik daripada di Kalimantan.

Menurut Drajad, tanah di Merauke memiliki karakteristik yang lebih memungkinkan untuk pengembangan program food estate. Dia menyebut bahwa Merauke memiliki tanah yang lebih datar dan luas, ideal untuk menanam berbagai komoditas pangan seperti singkong, tebu, dan tanaman lainnya. Drajad juga memastikan bahwa program ini akan melibatkan banyak pihak swasta untuk memperkuat infrastruktur terlebih dahulu, karena infrastruktur yang masih kurang di Merauke, seperti aksesibilitas yang rendah dan persoalan logistik dalam distribusi hasil pertanian.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.