Tampang

Deflasi 5 Bulan Berturut-turut BI Nilai Bukan Tanda Ekonomi Melemah

3 Okt 2024 16:17 wib. 45
0 0
Deflasi 5 Bulan Berturut-turut BI Nilai Bukan Tanda Ekonomi Melemah
Sumber foto: Google

Bank Indonesia (BI) telah menilai bahwa deflasi yang terjadi selama lima bulan berturut-turut bukanlah tanda perekonomian Indonesia tengah melemah. Hal ini disampaikan sebagai tanggapan terhadap data inflasi tahunan yang tercatat turun menjadi 1,84 persen pada September 2024 dari bulan sebelumnya yang sebesar 2,12 persen.

Menurut BI, meskipun deflasi terjadi selama lima bulan berturut-turut, hal ini tidak mengindikasikan kondisi ekonomi yang melemah. Sebaliknya, BI menyatakan bahwa deflasi bisa disebabkan oleh faktor-faktor sementara seperti peningkatan produksi, penurunan harga komoditas global, atau faktor-faktor domestik lainnya. Deflasi yang terjadi bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan, namun tentu saja perlu diawasi secara cermat.

Meskipun deflasi dapat memberikan dampak negatif dalam jangka pendek seperti menurunnya pendapatan bagi pelaku usaha, namun jika deflasi disebabkan oleh faktor-faktor yang sehat seperti peningkatan produksi, hal ini sebenarnya dapat menjadi sinyal positif bagi perekonomian. Deflasi yang disebabkan oleh peningkatan produksi biasanya akan memberikan efek positif dalam jangka panjang, yakni memungkinkan adanya penurunan harga-harga konsumen sehingga daya beli masyarakat dapat meningkat.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.