Tampang

Argentina Terperosok ke dalam Jurang Resesi

26 Jun 2024 22:36 wib. 162
0 0
Argentina Terperosok ke dalam Jurang Resesi
Sumber foto: google

Argentina pada kuartal pertama tahun ini resmi mengalami kemunduran ekonomi menuju jurang resesi. Angka pengangguran pun ikut meningkat setelah Presiden Argentina Javier Milei melakukan pemangkasan anggaran belanja secara besar-besaran. Dampak dari pemangkasan tersebut terasa dengan penurunan konsumsi dan aktivitas ekonomi masyarakat.

Pada kuartal I-2024, produk domestik bruto (PDB) Argentina mengalami penurunan sebesar 2,6 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, menandakan bahwa ekonomi negara tersebut mengalami kontraksi dalam dua kuartal berturut-turut. Hal ini berdasarkan laporan dari Reuters yang menyebutkan situasi ekonomi yang memprihatinkan tersebut.

Periode pertama di bawah kepemimpinan Milei, yang dimulai sejak Desember, diwarnai dengan upaya pemotongan pengeluaran demi mencapai defisit fiskal nol. Pemotongan anggaran ini membawa dampak yang signifikan terhadap kondisi ekonomi masyarakat Argentina. Selain itu, Badan statistik resmi INDEC mencatat tingkat pengangguran naik menjadi 7,7 persen di kuartal I-2024, meningkat dari 5,7 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Dengan peningkatan tersebut, terdapat sekitar 300 ribu orang yang baru menganggur dalam kurun waktu tersebut.

Situasi ekonomi yang memburuk ini menunjukkan kondisi yang memprihatinkan bagi masyarakat Argentina. Keputusan Presiden Milei untuk melakukan pemangkasan belanja publik telah menjadikan dampak yang tidak diinginkan pada stabilitas ekonomi negara. Masyarakat pun mulai merasakan dampaknya dengan adanya penurunan dalam tingkat konsumsi dan aktivitas ekonomi yang merosot.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

9 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan
0 Suka, 0 Komentar, 21 Mar 2018
Es Krim Ini Berbahan Dasar Arang
0 Suka, 0 Komentar, 14 Agu 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.