Tampang

Siklon Tropis Olga, Beberapa Wilayah Perairan Berpotensi Terdampak

14 Apr 2024 06:55 wib. 36
0 0
Siklon Tropis Olga, Beberapa Wilayah Perairan Berpotensi Terdampak
Sumber foto: Google

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan Siklon Tropis Olga yang melewati Kepulauan Nusa Tenggara di wilayah Selatan Samudra Hindia pada Senin (8/4), telah menyebabkan perubahan kondisi cuaca di Tanah Air. Analisis BMKG menunjukkan pusat sirkulasi yang dapat berpotensi merusak di beberapa wilayah perairan. Siklon tropis ini memang bisa menyebabkan kerusakan serius serta mengancam keselamatan masyarakat, terutama bagi para pelaut dan pengguna transportasi laut. 

Siklon tropis merupakan badai yang dapat membawa angin kencang, hujan lebat, serta gelombang tinggi. Dampaknya tidak hanya dirasakan di daratan, tetapi juga di wilayah perairan yang dapat mengganggu aktivitas pelayaran. Karena itu, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat, terutama yang tinggal di wilayah pesisir dan para pelaut, untuk waspada terhadap potensi bahaya yang dapat ditimbulkan oleh siklon tropis Olga ini.

Situasi ini memerlukan kewaspadaan ekstra dari semua pihak, terutama pihak terkait seperti pihak maritim, penerbangan, pariwisata, serta masyarakat pesisir. Langkah preventif dan antisipatif harus segera dilakukan untuk mengurangi dampak buruk yang mungkin terjadi. Koordinasi antarinstansi serta penyebaran informasi yang akurat dan cepat sangat penting dalam menghadapi kondisi cuaca ekstrim seperti ini.

Menurut BMKG, Fenomena siklon tropis Olga mengakibatkan sejumlah daerah mengalami hujan sedang hingga deras, dengan rincian sebagai berikut:

- DI Yogyakarta
- Jawa Tengah
- Jawa Timur
- Bali
- Nusa Tenggara Barat
- Nusa Tenggara Timur

Selain itu, diprediksi akan terjadi gelombang laut setinggi 1,25 hingga 2,5 meter (Moderate Sea). Gelombang tinggi tersebut akan terjadi di beberapa wilayah, yaitu:

- Perairan Selatan Jawa Timur - Pulau Sumbawa
- Perairan Selatan Pulau Sumba - Pulau Sabu
- Samudra Hindia Selatan Jawa Timur - Pulau Sabu

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?