Tampang

Lega dan Sepinya Jakarta Menjelang Lebaran, Ditinggal Warga Mudik

12 Apr 2024 10:53 wib. 76
0 0
Lega dan Sepinya Jakarta Menjelang Lebaran, Ditinggal Warga Mudik
Sumber foto: Google

Meskipun terdapat manfaat dari sepi dan lengangnya Jakarta saat warga mudik, namun ada juga dampak negatif yang dirasakan oleh beberapa pihak. Terutama para pekerja harian dan pekerja yang mengandalkan hiburan malam. Mereka mengalami penurunan pendapatan karena sebagian besar masyarakat sudah tidak berada di Jakarta. Selain itu, para pengusaha transportasi umum seperti ojek dan taksi pun mengalami penurunan jumlah penumpang dan pendapatan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa leganya jalan di Jakarta saat warga mudik membawa dampak positif maupun negatif bagi berbagai sektor. Namun, satu hal yang pasti adalah suasana kota Jakarta yang lebih tenang memberikan kesempatan bagi warga Jakarta untuk merasakan sedikit hiburan dari kesibukan sehari-hari. Para warga dapat menikmati kebebasan bergerak tanpa harus terjebak dalam kemacetan dan hiruk-pikuk kota.

Dengan sekitar 7-8 juta warga Jakarta yang melakukan mudik setiap tahunnya, fenomena ini tentu saja sudah menjadi hal yang wajar bagi masyarakat Jakarta. Bagi sebagian orang, kemeriahan Jakarta saat warga mudik dirasakan sebagai momen singkat untuk menghirup udara segar di tengah kesibukan ibu kota, namun bagi yang lain, ini dianggap sebagai momen sepi yang membawa dampak signifikan terutama untuk sektor bisnis dan perekonomian.

Dalam beberapa hari ini, Jakarta akan terasa lebih lega dan tenang. Namun, setelah prosesi lebaran usai, Jakarta akan kembali dipadati oleh para pemudik yang kembali ke ibu kota. Rasa sepi pun mulai pudar, aktivitas pun kembali berjalan seperti biasa dan kemacetan pun kembali menghiasi jalanan Jakarta. Dengan demikian, terlepas dari segala kompleksitasnya, sepi dan lengangnya Jakarta saat warga mudik merupakan bagian dari dinamika kota yang harus diterima dan dijalani dengan bijak.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Belajar di Alam, Itu Mengasyikkan!
0 Suka, 0 Komentar, 18 Apr 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?