Tampang

Takbiratul Ihram Makna dan Tuntunan Takbir Pertama dalam Shalat

2 Jun 2024 09:30 wib. 84
0 0
Takbiratul ihram
Sumber foto: google

Takbiratul Ihram memiliki makna mendalam dalam ibadah shalat. Dengan mengucapkan takbir ini, umat Muslim mengingatkan diri untuk melepas segala kesibukan dunia dan memusatkan perhatian hanya kepada Allah SWT. Takbiratul Ihram juga menandai dimulainya ibadah shalat, sehingga menjadi awal dari ketaatan seorang Muslim kepada perintah Allah SWT. 

Tuntunan Takbiratul Ihram

Takbiratul Ihram menjadi tuntunan yang sangat penting dalam menjalankan ibadah shalat. Rasulullah saw. memberikan contoh tuntunan ini dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar, “Bahwa nabi Saw. apabila hendak mengerjakan shalat maka beliau mengerjakan takbir pertama dan dalam takbir itu beliau menaikkan kedua tangannya sejajar dengan bahunya. Dan dalam takbir pertama itu pula, beliau membaca "Allahu Akbar" sekali.” (HR. Bukhari)

Dari tuntunan ini, kita bisa memahami bahwa Takbiratul Ihram merupakan bagian yang tidak bisa dilewatkan dalam shalat. Hal ini menunjukkan pentingnya kesadaran dan kekhusyukan seorang Muslim dalam memulai ibadah shalat, serta sebagai pengingat bahwa perhatian saat itu hanya ditujukan kepada Allah SWT.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%