Tampang

Apakah Memasang Foto dirumah Haram? Begini Pandangan Ustadz Adi Hidayat!

27 Jun 2024 15:16 wib. 30
0 0
uah
Sumber foto: pinterest

Dalam kehidupan modern saat ini, memasang foto di rumah sudah menjadi hal yang umum. Kita seringkali melihat foto-foto keluarga, foto liburan, atau bahkan foto religius dipajang di dinding rumah. Namun, muncul pertanyaan apakah memasang foto di rumah itu sesuatu yang haram dalam pandangan agama Islam? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita telaah pandangan dari seorang ulama terkemuka, Ustadz Adi Hidayat.

Pertama-tama, penting untuk mengklarifikasi makna dari kata "haram" dalam konteks ini. Haram dalam agama Islam merujuk pada segala sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT dan Rasul-Nya, yang jika dilakukan dapat mendatangkan dosa bagi umat Muslim. Dalam hal memasang foto di rumah, pandangan tersebut menjadi penting karena berkaitan dengan konsep syirik (mempersekutukan Allah) dan kesalahan-kesalahan lain dalam agama.

Pada dasarnya, memasang foto bukanlah suatu aktivitas yang menjadi larangan secara eksplisit dalam Al-Qur'an maupun Hadis. Akan tetapi, ada beberapa ulama yang memandang bahwa memajang foto-foto di rumah bisa dikategorikan sebagai hal yang terlarang. Pandangan ini umumnya didasarkan pada hadis-hadis yang melarang penggambaran makhluk hidup.

Salah satu pendapat yang sering disampaikan dalam hal ini adalah bahwa memasang foto di rumah dapat menjurus kepada kesalahan syirik, yaitu memuja atau memberikan perhatian berlebihan kepada gambar tersebut. Ini terkait dengan konsep tasyabbuh (menyerupai non-Muslim) dan taklid (meniru) yang dapat membawa seseorang kepada bentuk penyimpangan dari ajaran agama.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%