Tampang

Apakah Alquran Termasuk Makhluk?

31 Mei 2024 19:22 wib. 75
0 0
Apakah Alquran Termasuk Makhluk?

Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang dianggap sebagai pedoman hidup dan sumber kebenaran. Namun, masih sering muncul perdebatan mengenai status Alquran apakah termasuk makhluk atau bukan. Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu dilakukan telaah lebih dalam terkait dengan sifat dan posisi Al Quran dalam pandangan agama Islam.

Dalam pandangan mayoritas ulama Islam, Al Quran bukanlah makhluk, melainkan kalamullah, yaitu firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan Malaikat Jibril. Al Quran dianggap sebagai kalimat-kalimat Allah yang diturunkan kepada manusia untuk memberikan petunjuk, pedoman, dan rahmat. Alquran menjadi sumber utama ajaran agama Islam, dan keberadaannya dianggap suci dan dihormati oleh umat Islam.

Beberapa alasan yang mendasari pandangan bahwa Alquran bukanlah makhluk antara lain adalah:

1. Firman Allah: Alquran dianggap sebagai firman Allah yang bersifat abadi dan tidak tercipta. Sebagaimana yang disebutkan dalam Surah Al-Baqarah ayat 185, "Ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Alquran, menjadi petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang salah)."

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Merugi : Ramayana Tutup 8 Gerai
0 Suka, 0 Komentar, 29 Agu 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%