Tampang

Amalan Sepele Ini Ternyata Bisa Hindarkan Diri dari Siksa Neraka, Apa Saja?

30 Jun 2024 21:42 wib. 43
0 0
neraka
Sumber foto: pinterest

Amalan-amalan kecil sehari-hari mungkin terdengar sepele, tapi siapa sangka bahwa amalan- amalan tersebut bisa menjadi kunci untuk menghindarkan diri dari siksa neraka? Dalam ajaran agama, terdapat beberapa amalan yang dianggap sepele namun ternyata memiliki bobot yang sangat besar di hadapan Tuhan. Dalam tulisan ini, akan dibahas beberapa amalan sepele yang bisa menjadi penolong bagi umat manusia dalam menghindari siksa neraka.

Salah satu amalan sepele yang ternyata memiliki dampak besar di akhirat adalah bersedekah. Meskipun terdengar sepele, bersedekah memiliki nilai pahala yang besar dalam pandangan agama. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bersedekahlah walau dengan separuh kurma.” (HR. Bukhari dan Muslim). Bersedekah bukan hanya tentang memberikan harta, tapi juga dapat berupa senyum, kata-kata yang menyemangati, atau tindakan kebaikan lainnya. Dengan bersedekah, seseorang bisa menolong orang lain dalam kesulitan dan dengan demikian menghindari siksa neraka.

Amalan kecil berupa menahan marah juga merupakan kunci dalam menghindari siksa neraka. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bukan orang yang kuat yang menang dalam pertarungan, tetapi orang yang mampu menahan amarahnya.” (HR. Bukhari). Menahan amarah adalah tanda kesabaran dan kedewasaan seseorang dalam menghadapi ujian hidup. Dengan menahan amarah, seseorang dapat menghindari melakukan tindakan yang akan membawa dirinya ke dalam masalah yang dapat mengakibatkan siksa neraka di akhirat.

Amalan sepele lainnya yang bisa menjadi penolong dalam menghindari siksa neraka adalah berbuat baik kepada orang tua. Dalam ajaran agama, berbuat baik kepada orang tua merupakan amalan yang sangat agung. Allah berfirman dalam Al-Qur'an, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang mulia.” (QS. Al-Isra: 23). Dengan berbuat baik kepada orang tua, seseorang akan mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah, yang dapat menjadi penolong bagi seseorang dalam menghadapi siksa neraka.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Struktur Otakmu Menunjukan Usiamu
0 Suka, 0 Komentar, 23 Agu 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%