Tampang

Rahasia Finlandia, Mengapa Pendidikan di Sana Jadi Patokan Dunia, tapi Jarang Diketahui Banyak Orang

15 Sep 2024 08:35 wib. 54
0 0
Pendidikan Finlandia
Sumber foto: Google

5. Pendidikan Gratis Hingga Universitas

Salah satu pilar sistem pendidikan Finlandia yang jarang diketahui adalah bahwa pendidikan sepenuhnya gratis, bahkan hingga tingkat universitas. Tidak ada biaya sekolah, bahkan buku teks dan makan siang di sekolah disediakan tanpa biaya.

Pendidikan di Finlandia juga sangat inklusif, memastikan bahwa setiap anak, tanpa memandang latar belakang sosial-ekonomi mereka, memiliki akses yang sama terhadap pendidikan berkualitas. Ini adalah salah satu alasan mengapa Finlandia memiliki tingkat kesetaraan pendidikan yang sangat tinggi.

6. Fokus pada Keseimbangan Hidup

Tidak hanya siswa yang ditekankan untuk memiliki keseimbangan antara belajar dan kehidupan pribadi, tetapi juga para guru. Guru-guru di Finlandia tidak dibebani dengan jam kerja yang panjang atau target yang tidak realistis, yang seringkali menjadi masalah di banyak negara.

Filosofi pendidikan Finlandia menekankan pentingnya keseimbangan antara kehidupan akademis dan pribadi, baik untuk guru maupun siswa. Dengan cara ini, sistem pendidikan Finlandia memastikan bahwa semua orang yang terlibat dapat mencapai potensi penuh mereka tanpa kehilangan kebahagiaan dan kesejahteraan.

Sistem pendidikan Finlandia menawarkan banyak pelajaran yang bisa diadaptasi oleh negara lain. Dari fokus pada keseimbangan hidup hingga pembelajaran yang lebih personal, pendekatan Finlandia menunjukkan bahwa kesuksesan dalam pendidikan tidak selalu harus diukur dengan angka atau kompetisi. Yang lebih penting adalah kesejahteraan siswa dan bagaimana mereka belajar dalam suasana yang mendukung perkembangan mereka secara menyeluruh.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?