Tampang

Paralimpiade 2024, Indonesia Tambah Satu Medali Perak Dari Boccia

6 Sep 2024 13:45 wib. 679
0 1
Paralimpiade 2024, Indonesia Tambah Satu Medali Perak Dari Boccia
Sumber foto: Google

Dilansir situs LEXI yang mengklasifikasikan parasport, para-bulu tangkis dibagi ke beberapa kelas berdasarkan tingkat kemampuan para atlet. WH untuk wheelchair (kursi roda) dan S untuk standing (berdiri). Kategori WH1 dan WH2 ini diperuntukkan bagi pemain para badminton yang berkursi roda. Atlet-atlet WH1 mempunyai disabilitas kedua anggota tubuh bagian bawah dan disabilitas batang tubuh.

Sementara WH2 untuk penyandang disabilitas di satu atau kedua anggota tubuh bawah dan disabilitas minor (atau tidak ada disabilitas sama sekali) di batang tubuh. SL3 adalah atlet penyandang disabilitas di satu atau kedua anggota gerak bawah dan keseimbangan berjalan atau berlari.

SL4 adalah atlet penyandang disabilitas di satu atau kedua anggota gerak bawah tetapi memiliki gangguan minimal dalam berjalan atau berlari. Sementara SU5 adalah atlet dengan disabilitas anggota gerak atas.

Adapun kategori SH6 adalah atlet bertubuh pendek yang disebabkan oleh achondroplasia atau kondisi genetik lainnya. Ajang Paralimpiade Paris 2024 memainkan kategori ganda campuran SL3-SU5 (di mana atlet SL3 berpasangan dengan atlet S5). Namun, ganda putra dan putri SL3-SU5 tidak dimainkan.

Pada Maret 2024, di situs resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Menpora Dito Ariotedjo menyatakan optimis Indonesia bisa meraih prestasi pada Paralimpiade Paris berdasarkan rujukan National Paralympic Committee (NPC) Indonesia yang pada saat itu memasang target dua medali emas.

Meski begitu, seperti dilansir Antara pada Rabu (28/08), Menpora Dito menyatakan tidak terlalu mengumbar target dan lebih ingin menyemangati para atlet disabilitas demi menjaga mentalitas mereka.

Yang pasti, Dito mengatakan nilai bonus dari pemerintah bagi para atlet Paralimpiade akan sama dengan para atlet Olimpiade. Seperti diketahui, di Olimpiade Paris 2024, Indonesia mendapat dua medali emas dari Veddriq Leonardo dari cabor panjat tebing nomor speed dan Rizki Juniansyah di cabor angkat besi kelas 73 kilogram. Indonesia juga mendapat satu perunggu dari Gregoria Mariska Tunjung melalui bulu tangkis nomor tunggal putri.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Perubahan Iklim, Teknologi
0 Suka, 0 Komentar, 21 Jul 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?