Tampang

Usut Korupsi Pengadaan PJUTS Ditjen EBTKE, Polri Periksa 16 Saksi

26 Jul 2024 04:10 wib. 139
0 0
Usut Korupsi Pengadaan PJUTS Ditjen EBTKE, Polri Periksa 16 Saksi
Sumber foto: google

Polisi Republik Indonesia (Polri) tengah melakukan penyelidikan terkait dugaan korupsi pengadaan dan pelaksanaan proyek Penerang Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) tahun 2020. Seperti yang diungkapkan oleh Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi (Wadirtipikor) Bareskrim Polri, Kombes Pol Arief Adiharsa. Proyek PJUTS menjadi perhatian karena merupakan inisiatif dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yang memperoleh sumber pendanaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

   Sebanyak 16 saksi telah diperiksa dalam penyelidikan ini, demikian diungkapkan oleh Arief. Pihak kepolisian juga telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap enam orang lainnya. "Sementara sudah dipanggil 22 saksi, dengan rincian 16 telah diperiksa, dan ada enam lagi yang sudah diagendakan," kata Arief kepada wartawan pada Kamis (25/7/2024).

Selain pemeriksaan terhadap saksi, Polri juga telah melakukan sejumlah tindakan dalam upaya pengungkapan kasus ini, termasuk pengumpulan bukti-bukti terkait dugaan korupsi PJUTS. "Sudah banyak kegiatan pemeriksaan dan tindakan lain dalam rangka pengumpulan bukti-bukti," tambahnya.

   Arief menegaskan bahwa apabila bukti yang terkumpul sudah cukup untuk memenuhi syarat, maka pihaknya akan segera menetapkan tersangka dalam kasus tersebut.

Sebelumnya, Arief juga sempat mengungkap bahwa Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri telah memeriksa pejabat Kementerian ESDM. Namun, Arief tidak merinci siapa saja saksi yang diperiksa, termasuk posisi jabatannya di Kementerian ESDM. "Saya gak inget-ingetin jumlah saksi, banyak. Dari ESDM udah ada. Ya semuanya kan pejabatnya, namanya pegawai kan pejabat ya," ujar Arief kepada wartawan pada Jumat (5/7/2024).

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.