Tampang

Fenomena Supermoon Mengancam Pesisir Utara Jawa Sehari Jelang Lebaran

10 Apr 2024 09:02 wib. 67
0 0
Fenomena Supermoon Mengancam Pesisir Utara Jawa Sehari Jelang Lebaran
Sumber foto: Unsplash

Fenomena supermoon diprediksi akan mempengaruhi pesisir utara Jawa, meningkatkan potensi banjir rob. Sehari sebelum perayaan Lebaran, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan ketinggian air mencapai titik maksimal di sejumlah wilayah pesisir.

Dalam ramalan BMKG, Banyuwangi diharapkan menghadapi ketinggian air maksimal hingga 2,56 meter. Sementara itu, pesisir Cilegon diperkirakan akan mengalami ketinggian air hingga 1,04 meter, dengan Tanjung Perak di Surabaya yang diestimasikan mencapai 2,55 meter.

Supermoon, atau bulan purnama super, diproyeksikan akan menciptakan cahaya bulan yang lebih terang daripada biasanya. Fenomena ini terjadi karena lintasan bulan saat mengelilingi bumi tidak berbentuk bulat sempurna, melainkan lebih cenderung elips atau lonjong. Di Indonesia, supermoon dapat diamati di seluruh wilayah.

Sebelumnya, BMKG Semarang telah mengeluarkan peringatan banjir rob yang berlaku mulai hari Minggu, 7 April 2024, dari pukul 16.00 hingga 20.00 WIB. Koordinator Observasi dan Informasi BMKG, Ganis Erutjahjo, menegaskan bahwa banjir rob ini dapat berdampak pada gangguan transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, serta aktivitas petani garam dan kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Jangan Sepelekan Hal Kecil...
0 Suka, 0 Komentar, 17 Mei 2018
4 Alasan Agar Kamu Suka Hari Senin
0 Suka, 0 Komentar, 13 Nov 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?