Tampang

3 Harta Karun Tembaga Baru, Bisa Diserap Smelter Freeport

18 Okt 2024 18:18 wib. 54
0 0
3 Harta Karun Tembaga Baru, Bisa Diserap Smelter Freeport
Sumber foto: iStock

Indonesia diperkirakan akan segera memiliki setidaknya tiga tambang tembaga baru, yang berpotensi menambah cadangan global di tengah isu penurunan pasok akibat minimnya pembukaan tambang baru di seluruh dunia. Ketua Asosiasi Pertambangan Indonesia atau Indonesia Mining Association (IMA), Rachmat Makkasau, mengungkapkan bahwa tambang-tambang tembaga baru tersebut diperkirakan akan mulai beroperasi dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Menurut Makkasau, dengan adanya tambang tembaga tambahan sebanyak dua hingga tiga, Indonesia berpotensi meningkatkan pangsa pasar tembaga dunia dari level 3%-5% saat ini menjadi 10%.

"Saat ini pangsa pasar Indonesia sekitar 3% sampai 5% untuk tembaga dunia. Namun, dengan tambahan dua hingga tiga tambang besar yang diperkirakan akan beroperasi dalam 5 tahun ke depan, Indonesia berpotensi memperluas pangsa pasarnya," ungkap Rachmat.

Adapun, potensi penambahan tambang tembaga baru terjadi karena saat ini tiga wilayah dengan cadangan tembaga besar telah memasuki tahap eksplorasi akhir, yakni; di Tujuh Bukit, Banyuwangi, Jawa Timur; di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat; dan di Gorontalo.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.