Tampang

Sudahkah Kita Mengenal Bumi dengan Baik?

30 Agu 2017 16:41 wib. 1.949
0 0
Sudahkah Kita Mengenal Bumi dengan Baik?

LINGKUNGAN
Biosfer adalah bagian dari bumi yang berisi apa yang dibutuhkan untuk makhluk hidup. Zona ini membentang dari dasar laut ke puncak troposfer (atmosfir yang lebih rendah). Organisme kecil dapat bertahan jauh di dalam kerak bumi, namun sebagian besar bentuk kehidupan ditemukan dari beberapa ratus meter di bawah permukaan laut sampai sekitar 1.000 m (3.300 kaki) di atas permukaan laut.

ZONA KEHIDUPAN
Ozon adalah gas yang menyebar tipis melalui atmosfer. Ini menyaring sinar ultraviolet (UV) berbahaya dari sinar matahari, sementara memungkinkan cahaya tampak (cahaya yang bisa kita lihat) melewatinya. Gas lain di atmosfer menjerat panas Matahari saat dipantulkan dari permukaan bumi, memberikan kehangatan tambahan untuk makhluk hidup.

SUMBU
Tanah di bawah kaki kita mungkin tampak masih ada, namun sebenarnya bumi berputar seperti puncak karena mengorbit Matahari. Bumi membutuhkan waktu 24 jam untuk memutar porosnya, garis imajiner yang mengalir dari Kutub Utara ke Kutub Selatan melalui pusat bumi. Sumbu bumi tidak berada pada sudut kanan ke jalur orbitnya, namun miring pada sudut 23,5 °. Sudut antara masing-masing wilayah Bumi dan sinar matahari berubah sepanjang tahun, menghasilkan perubahan musiman dalam suhu dan panjang hari. Ini paling terlihat di daerah di sebelah kutub, yang paling jauh dari Khatulistiwa.

SIANG DAN MALAM
Seiring Bumi mengubah porosnya, separuh dimandikan di bawah sinar matahari dan mengalami hari, sementara separuh lainnya terjerumus ke dalam kegelapan dan bermalam. Bumi selalu berputar ke arah timur, jadi Matahari dan bintang-bintang muncul di timur dan terbenam di barat. Kemiringan planet ini berarti bahwa setiap saat, satu belahan bumi (setengah dari Bumi, yang terbagi oleh Khatulistiwa) bersandar ke Matahari dan mengalami musim panas, sementara yang lainnya membungkuk dan memiliki musim dingin.

<123>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?