Tampang

Serangan Rusia kepada Ibu Kota Ukraina dengan 67 Drone Buatan Iran

8 Sep 2024 15:34 wib. 55
0 0
Serangan Rusia kepada Ibu Kota Ukraina dengan 67 Drone Buatan Iran
Sumber foto: Unsplash.com

Sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022, Moskow telah meluncurkan lebih dari 1.000 misil dan drone Shahed ke Ukraina. Drone Shahed yang didesain oleh Iran telah digunakan Rusia sejak bulan September 2022, karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan misil yang lebih mahal dan sulit diproduksi.

Drone Shahed ini didukung oleh mesin baling-baling yang mampu terbang dengan kecepatan mencapai 200 kilometer per jam. Selain itu, pesawat nirawak ini sulit dideteksi radar karena mampu terbang rendah dan hanya menciptakan sedikit jejak panas. Kiev juga menyebut bahwa drone-drone tersebut diluncurkan baik dari dua wilayah perbatasan dengan Rusia maupun dari wilayah yang dikuasai seperti tanjung Krimea.

Dalam konteks pertahanan, Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin menolak permintaan Ukraina untuk menggunakan senjata jarak jauh milik AS dalam menghadapi Rusia. Austin menyatakan bahwa hal ini sebagai tanggapan terhadap desakan Presiden Ukraina, Zelensky, yang meminta bantuan misil dari negara-negara Barat untuk menggempur Rusia. Meskipun demikian, Austin menegaskan bahwa AS akan tetap memberikan dukungan penuh kepada Ukraina dalam perlawanan mereka melawan Rusia, termasuk dengan pemberian bantuan tambahan senilai US$250 juta.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?