Tampang

Perang Vietnam: Perang yang Mengubah Persepsi Dunia

26 Mei 2024 17:32 wib. 96
0 0
Perang Vietnam
Sumber foto: Pinterest

Perang Vietnam merupakan salah satu konflik paling ikonik dalam sejarah modern, yang tidak hanya meninggalkan bekas dalam catatan sejarah, tetapi juga mengubah persepsi dunia terhadap konflik bersenjata. Perang yang berlangsung dari 1955 hingga 1975 ini melibatkan pemberontakan komunis di Vietnam Utara dan pasukan anti-komunis di Vietnam Selatan, serta intervensi dari negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Tiongkok. Perang Vietnam juga menjadi simbol perlawanan terhadap imperialisme dan menandai perubahan dalam politik dan pandangan masyarakat terhadap konflik bersenjata.

Sejarah Perang Vietnam dimulai dengan upaya pembebasan Koloni Prancis yang terjajah selama lebih dari satu abad. Perjuangan kemerdekaan yang dipelopori oleh komunis Vietnam Utara di bawah kepemimpinan Ho Chi Minh, menimbulkan ketegangan dengan kolonial Prancis yang berujung pada Perang Indochina (1946-1954). Setelah kekalahan Prancis dalam Pertempuran Dien Bien Phu, disepakatilah pembagian Vietnam menjadi dua bagian di Konferensi Jenewa 1954: Vietnam Utara yang dipimpin oleh komunis dan Vietnam Selatan yang didukung oleh pemerintah pro-Barat.

Pada tahun 1955, Amerika Serikat mulai terlibat aktif dalam konflik tersebut, melalui program bantuan militer dan ekonomi kepada pemerintah Vietnam Selatan. Ditakutkan bahwa penyebaran komunisme di Asia Tenggara dapat mengancam kepentingan Amerika Serikat dan sekutunya dalam Perang Dingin. Dukungan militer Amerika Serikat semakin meningkat setelah insiden serangan terhadap kapal perang AS di Teluk Tonkin pada tahun 1964, yang menjadi alasan bagi Amerika Serikat untuk meluncurkan kampanye udara terhadap Vietnam Utara.

Perang Vietnam secara bertahap menciptakan pergeseran dalam persepsi global terhadap konflik bersenjata. Penyiaran langsung pertempuran, laporan wartawan, dan demonstrasi anti-perang menjadi ciri khas dari era ini. Keterlibatan Amerika Serikat dalam konflik ini juga menimbulkan kontroversi di level internasional maupun domestik. Gambaran kekejaman perang, penggunaan senjata kimia seperti napalm dan herbisida oleh pasukan Amerika Serikat, serta pelanggaran hak asasi manusia di Vietnam Selatan, menimbulkan kecaman dan protes di seantero dunia.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Peraturan Baru dari Pemerintah, Seluruh Motor dan Mobil Wajib Miliki Asuransi Mulai 2025. Apakah Anda Setuju?