Tampang

Mahasiswa di Texas Kibarkan Bendera Palestina di Wisuda, Diturunkan dari Panggung

14 Mei 2024 09:03 wib. 252
0 0
Mahasiswa di Texas Kibarkan Bendera Palestina Saat Wisuda
Sumber foto: google

Beberapa waktu yang lalu, satu insiden menarik perhatian ketika mahasiswa di Texas mengibarkan bendera Palestina yang akhirnya diturunkan dari panggung wisuda. Insiden ini menimbulkan kontroversi di media sosial dan mengundang perdebatan tentang kebebasan berekspresi di lingkungan akademis.

Kejadian ini bermula saat seorang mahasiswa di University of Texas at Austin, Amerika Serikat (AS),mengibarkan bendera Palestina yang menuai reaksi dari sebagian audience yang berada di lokasi wisuda. Mahasiswa tersebut mengibarkan bendera tersebut sebagai bentuk solidaritas terhadap konflik yang terus berkecamuk di Timur Tengah. Namun, aksinya tersebut dianggap kontroversial dan menurut beberapa pihak dianggap tidak pantas dilakukan di acara resmi seperti wisuda.

Aksi tersebut direspons oleh pihak universitas, dimana mahasiswa tersebut akhirnya diturunkan dari panggung wisuda. Kejadian itu kemudian menjadi perbincangan hangat di media sosial dan memunculkan beragam pendapat dari berbagai pihak. Ada yang mendukung tindakan mahasiswa tersebut sebagai bentuk kebebasan berekspresi, namun ada juga yang menilai tindakan tersebut tidak pantas dilakukan di acara resmi seperti wisuda.

Kontroversi ini menimbulkan perdebatan tentang sejauh mana kebebasan berekspresi dapat dilakukan di lingkungan akademis. Universitas sebagai lembaga pendidikan seharusnya menjadi tempat yang mendukung kebebasan berekspresi, namun juga harus memperhatikan etika dan norma yang berlaku di masyarakat. Di satu sisi, mahasiswa memiliki hak untuk menyatakan pendapat dan berekspresi, namun di sisi lain, mereka juga harus memahami konteks dan situasi dimana ekspresi tersebut dilakukan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Anak Habibie Maju Pilkada Jawa Barat
0 Suka, 0 Komentar, 12 Jun 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%