Tampang

China Mau Beri Australia 2 Panda Baru, Tanda Persahabatan yang Solid

18 Jun 2024 09:34 wib. 59
0 0
China Mau Beri Australia 2 Panda Baru, Tanda Persahabatan yang Solid
Sumber foto: google

PM China Li Qiang mengatakan bahwa Pemerintah Australia dapat memilih sepasang panda raksasa baru sebagai pengganti dari Wang Wang dan Fu Ni. "Wang Wang dan Fu Ni telah jauh dari rumah selama 15 tahun, saya yakin mereka pasti merindukan rumah mereka, jadi mereka akan kembali ke Tiongkok sebelum akhir tahun ini," ujar Li, dikutip dari AFP.

"Kami akan segera menyediakan sepasang panda baru yang sama cantik dan menggemaskan sebagai pengganti mereka," janjinya kepada Australia. Kunjungan Li ke Australia adalah yang pertama kali dilakukan oleh perdana menteri China dalam tujuh tahun terakhir. Hal ini dikarenakan hubungan kedua negara yang tegang akibat adanya sejumlah sanksi perdagangan terhadap ekspor Australia.

Di sisi lain, Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, pada 2020, membuat perjanjian internasional untuk menyelidiki asal-usul pandemi COVID-19 di China, yang kemudian ditentang oleh China. Namun, hubungan kedua negara mulai membaik sejak tahun 2022, terutama setelah Partai Buruh Australia berhasil memenangkan pemilihan umum dan mengambil alih kekuasaan.

China merupakan mitra dagang terbesar Australia, yang menyumbang hampir sepertiga dari total perdagangan luar negeri Australia. Sementara itu, komoditas dari Australia sangat penting bagi Tiongkok dalam mengembalikan perekonomiannya yang tertekan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ahok Legowo Mencabut Banding? Retorika!
0 Suka, 0 Komentar, 25 Mei 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%