Tampang

Babak Baru 'Perang' China-Eropa, Tangan Kanan Xi Jinping Bergerak

14 Sep 2024 05:30 wib. 52
0 0
Babak Baru 'Perang' China-Eropa, Tangan Kanan Xi Jinping Bergerak
Sumber foto: iStock

Terkait dengan ketegangan perdagangan antara China dan Uni Eropa, Menteri Perdagangan China, Wang Wentao, dijadwalkan akan melakukan pembicaraan dengan komisaris perdagangan Uni Eropa, Valdis Dombrovskis. Perjalanan ini diharapkan menjadi langkah terakhir dari pihak China untuk menghentikan tarif yang dijatuhkan pada mobil listrik berlabel China.

Juru bicara Komisi Eropa, Olof Gill, mengumumkan bahwa pertemuan antara Wang dan Dombrovskis akan berlangsung di Brussels, Belgia pada tanggal 19 September mendatang. Meskipun para pihak yang terlibat dalam perundingan telah menegaskan niat mereka untuk menyelesaikan sengketa ini melalui jalur dialog, Gill menegaskan bahwa tawaran yang diajukan oleh pihak China hingga saat ini belum cukup untuk mengatasi kekhawatiran yang dimiliki oleh blok Uni Eropa.

China telah mencoba untuk menawarkan komitmen eksportir terkait penyesuaian harga impor minimum sebagai upaya untuk mengimbangi subsidi yang mencurigakan. Namun, komisi Uni Eropa setelah menelaah penawaran tersebut memutuskan bahwa tidak ada yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Meskipun demikian, Komisi Eropa tetap terbuka untuk mencapai solusi yang dapat disepakati melalui negosiasi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?