Tampang

Arab di Ambang Perang Baru, Ini Peta Kekuatan Hizbullah Vs Israel

4 Jul 2024 09:28 wib. 37
0 0
Arab di Ambang Perang Baru, Ini Peta Kekuatan Hizbullah Vs Israel
Sumber foto: Cnbcindonesia.com

Ancaman perang di Timur Tengah semakin meningkat, terutama setelah pejabat Israel mengancam akan meningkatkan serangan, sementara kelompok bersenjata Lebanon, Hizbullah, memberikan tantangan balik. "Kita dapat menjerumuskan Lebanon sepenuhnya ke dalam kegelapan dan menghancurkan kekuatan Hizbullah dalam hitungan hari," kata mantan anggota kabinet perang Israel Benny Gantz di sebuah konferensi di Universitas Reichman di Herzliya, Israel, dikutip Selasa (2/7/2024).

Ancaman ini merupakan semakin menegangkan hubungan antara Israel dan Lebanon serta Hizbullah. Israel mengklaim bahwa rendahnya daya listrik di Lebanon dan keruntuhan ekonomi negara tersebut membuat Lebanon rentan terhadap serangan Israel. Namun, CNN International melaporkan bahwa menghancurkan kekuatan militer Hizbullah dalam hitungan hari adalah tugas yang jauh lebih sulit. Selama ini, Hizbullah telah mempersiapkan diri untuk perang.

Menurut perkiraan Israel, persenjataan Hizbullah berjumlah sekitar 150.000 rudal dan roket. Serangan udara yang terarah dengan baik oleh Israel mungkin dapat menghabisi Lebanon, namun untuk memusnahkan kekuatan Hizbullah merupakan tugas yang jauh lebih rumit. Sejak perang tahun 2006 antara Israel dan Hizbullah, keduanya terus berusaha memperkuat kekuatan mereka.

Hizbullah diyakini memiliki sekitar 40.000 hingga 50.000 pejuang yang sangat terlatih dan disiplin. Banyak di antara mereka bahkan telah memperoleh pengalaman tempur dalam perang saudara Suriah. Berbeda dengan Gaza, Lebanon memiliki kedalaman strategis dengan dukungan rezim Suriah dan Irak, yang memungkinkan akses langsung ke Iran. Israel sendiri telah terlibat dalam serangkaian serangan di Suriah untuk menghentikan pengiriman senjata ke Hizbullah.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%