Tampang

Resep dan Cara Membuat Kue Klepon: Manisnya Kenyal dengan Isian Gula Merah

27 Jun 2024 15:12 wib. 46
0 0
Kue Klepon
Sumber foto: Google

Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Tepung ketan merupakan bahan utama dalam pembuatan kue klepon. Pilihlah tepung ketan yang berkualitas untuk menghasilkan tekstur yang kenyal. Selain itu, air daun pandan juga dibutuhkan untuk memberikan aroma dan sedikit warna hijau pada kue klepon. Namun, jika tidak ada daun pandan, Anda juga bisa menggunakan air biasa sebagai penggantinya.

Gula merah yang sudah disisir halus juga menjadi bagian penting dalam kue klepon. Pilihlah gula merah yang berkualitas agar memberikan rasa manis yang autentik pada kue. Di samping itu, kelapa parut yang sudah disangrai juga diperlukan sebagai tambahan taburan pada kue klepon.

Setelah semua bahan siap, langkah pertama dalam pembuatan kue klepon adalah mencampurkan tepung ketan dengan air daun pandan. Uleni adonan hingga menjadi setengah kalis agar adonan tidak terlalu lengket. Setelah itu, ambil sedikit adonan lalu pipihkan dan isikan dengan gula merah yang sudah disisir halus. Pastikan gula merah terdistribusi merata di dalam adonan.

Bentuk adonan menjadi bulatan kecil hingga gula merah tertutup rapat di dalamnya. Setelah itu, rebus air dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan adonan klepon ke dalam air mendidih. Tunggu hingga klepon mengapung, ini menandakan bahwa kue klepon sudah matang. Angkat klepon dan gulingkan di atas kelapa parut yang sudah disangrai hingga seluruh bagian luar kue terbalur dengan kelapa parut.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%