Tampang

Manfaat Luar Biasa dari Daun Sirih bagi Kesehatan Tubuh

28 Feb 2020 11:42 wib. 1.473
0 0
Manfaat Luar Biasa dari Daun Sirih bagi Kesehatan Tubuh

Daun sirih sejak dahulu sudah diketahui banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Daun sirih yang memiliki nama ilmiah piper betle ini dapat dengan mudah ditemukan serta mudah untuk dibudidayakan di rumah. Termasuk pada keluarga tanaman piperaceae ini berbentuk hati serta berwarna hijau gelap. Di negara lain seperti India, Malaysia, Sri Lanka, Filiphina sirih banyak dibudidayakan. Bahkan di India sendiri tanaman ini sudah sejak lama dipergunakan sebagai obat yaitu sejak 400 SM. Selain dikenal sebagai penyegar mulut dan pembersih area kewanitaan, daun sirih ini memiliki kandungan vitamin yang lainnya. Seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin dan karoten yang digunakan untuk penyembuhan serta untuk pemeliharaan kesehatan. Yang tidak kalah penting lagi bahwa di dalam daun sirih ini mengandung minyak atsiri dan kompenen kimiawi seperti minyak sirih dan chavicol, betelphenol, eugenol, terpene dan campene. Komponen kimia tersebut yang dapat dimanfaatkan sebagai obat, perawatan dan penyembuhan berbagai penyakit. Beberapa manfaat daun sirih bagi kesehatan di antaranya adalah :

  • Bersifat anti kanker

Kandungan phytochemical di dalam daun sirih mempunyai manfaat dalam melawan kanker. Pada daun sirih terdapat sumber antioksidan yang sangat baik dalam menetralkan radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker dan sekaligus penyebarannya ke berbagai organ tubuh. Cara yang dapat dilakukan yaitu meminum rebusan air daun sirih. Yaitu cukup dengan merebus 10 hingga 12 lembar daun sirih selama beberapa menit, saring lalu tambahkan madu.

  • Mengobati diabetes

Daun sirih disinyalir dapat mengurangi kadar gula dalam darah sehingga sangat baik bagi penderita diabetes tipe 2. Dengan mengkonsumsi daun sirih secara teratur dapat membantu terjadinya penumpukan radikal bebas dan menjaga kekebalan tubuh penderita diabetes. Di samping itu juga daun sirih dapat mempercepat proses penyembuhan luka yang biasanya dapat menjadi suatu masalah bagi penderita diabetes. caranya cukup mudah yaitu cikup dengan mengoleskan ekstrak daun sirih pada permukaan kulit yang terluka. Daun sirih tersebut kemudian akan merangsang produksi kolagen untuk meregenerasi jaringan kulit.

  • Antiseptik

Daun sirih merupakan antiseptik alami yang sangat luar biasa dan mengandung polifenol serta chavicol yang menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Daun sirih ini dapat dipalikasikan pada luka untuk membunuh kumah. Polifenol dapat digunakan untuk mengurangi peradangan seperti radang sendi serta orkitis.

  • Redakan asma

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?