Tampang

Diabetes Tipe 1,5: Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan

2 Apr 2024 08:54 wib. 191
0 0
lustrasi cek gula darah
Sumber foto: pixabay.com/Tesa Robbins

 Latent Autoimmune Diabetes of Adults (LADA) atau yang dikenal sebagai diabetes tipe 1,5 adalah bentuk diabetes yang kurang umum dan umumnya memengaruhi orang dewasa. Diabetes tipe 1,5 merupakan kondisi di mana seseorang memiliki gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2, yang membuat diagnosis diabetes ini menjadi lebih sulit.

Seseorang dengan diabetes tipe 1,5 atau LADA mengembangkan antibodi yang memengaruhi kemampuan pankreas untuk mengontrol gula darah. Oleh karena itu, pada awalnya, pankreas mereka masih dapat memproduksi insulin, sehingga orang dengan bentuk diabetes ini mungkin tidak bergantung pada insulin.

Dokter seringkali keliru dalam mendiagnosis orang dengan diabetes tipe 1,5 sebagai diabetes tipe 2. Namun demikian, diabetes tipe 2 tidak berkaitan dengan antibodi yang menyebabkan LADA. Selain itu, LADA berkembang perlahan, sehingga kondisi ini biasanya baru terdiagnosis saat seseorang sudah dewasa.

Gejala

Diabetes tipe 1,5 memiliki gejala yang beragam, seperti ketoasidosis yang menyebabkan bau buah khas pada napas dan gula darah tinggi. Beberapa individu dengan diabetes tipe 1,5 juga dapat mengalami gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 seperti rasa haus berlebihan, peningkatan frekuensi buang air kecil, sering merasa lapar, kelelahan ekstrem, pandangan kabur, luka yang sulit sembuh, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, serta kesemutan atau mati rasa pada tangan atau kaki.

Penyebab

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?