Tampang

Penulis Korea Selatan Han Kang Menerima Nobel Sastra atas Prosa Puitis yang Mendalami Trauma Sejarah

11 Okt 2024 05:25 wib. 49
0 0
Penulis Korea Selatan Han Kang Menerima Nobel Sastra atas Prosa Puitis yang Mendalami Trauma Sejarah
Sumber foto: saungkorea.com

Pada Kamis, 10 Oktober 2024, Akademi Swedia mengumumkan bahwa penulis asal Korea Selatan, Han Kang, telah menjadi penerima Hadiah Nobel Sastra. Han Kang dianugerahi penghargaan tersebut "atas prosa puitisnya yang intens yang mengungkap trauma sejarah dan menampakkan kerapuhan kehidupan manusia." Penghargaan ini memberikan pengakuan atas karya sastra yang mempengaruhi pikiran, emosi, dan pandangan dunia pembacanya.

Kang akan menerima hadiah senilai 11 juta krona (sekitar US$1,1 juta) sebagai bagian dari penghargaan Nobel Sastra. Penghargaan ini merupakan penghormatan tertinggi dalam dunia sastra yang diberikan kepada individu yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam karya sastra mereka. Terpilihnya Han Kang sebagai penerima penghargaan ini juga menunjukkan pengakuan terhadap karya sastra yang berasal dari luar Eropa, memperluas cakupan apresiasi sastra di tingkat global.

Penghargaan Nobel Sastra tahun sebelumnya diberikan kepada Jon Fosse dari Norwegia "atas karya-karya inovatifnya dalam bentuk drama dan prosa." Pemenang-pemenang terkenal sebelumnya, sepertinya Pablo Neruda dan John Steinbeck, juga telah diakui oleh akademi karena kontribusi besar dalam dunia sastra. Para penerima Nobel Sastra sebelumnya membuktikan bahwa karya sastra dapat memengaruhi pandangan dunia dan menjadi wadah ekspresi kehidupan manusia secara mendalam.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.