Tampang

Pentingnya Deteksi Dini Gejala Diabetes pada Anak

25 Jul 2024 08:39 wib. 118
0 0
Deteksi Dini Gejala Diabetes pada Anak
Sumber foto: google

Selain itu, dr. Piprim juga menegaskan bahwa skrining yang tepat sangatlah penting untuk pemberian obat yang juga tepat sesuai dengan kondisi medis anak. Pemeriksaan biasanya dilakukan dengan melihat kadar C-peptide untuk memeriksa produksi insulin. Jika anak menderita diabetes tipe 1, hasil pemeriksaan C-peptide akan menunjukkan kadar negatif insulin yang mengindikasikan perlunya suntikan insulin. Namun, pada anak dengan diabetes tipe 2, hasil pemeriksaan C-peptide akan menunjukkan kadar positif insulin yang menandakan perlunya perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

Pentingnya skrining awal ini juga terkait dengan penanganan yang berbeda pada setiap jenis diabetes. "Kalau ada yang terkena diabetes gula darah tinggi, dia harus segera memastikan apakah diabetes yang dialami adalah tipe 1 atau tipe 2, karena penanganannya akan jauh berbeda. Untuk tipe 1, mutlak harus diberikan insulin bahkan sepanjang hidup," lanjut dr. Piprim.

Selain itu, diabetes tipe 1 pada anak paling sering baru diketahui setelah anak berusia 10 tahun atau saat usia sekolah. Oleh karena itu, deteksi dini sangatlah penting. Deteksi awal bisa dilakukan dengan melakukan medical check-up pada anak, termasuk pemeriksaan gula darah. Menurut dr. Piprim, medical check-up juga penting untuk memantau berbagai penyakit yang diindikasikan oleh orang tua bila anak mengalami gejala yang berbeda dari kondisi biasanya.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kisah Inspiratif Petinju Legendaris
0 Suka, 0 Komentar, 23 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.