Tampang

Ini Cara yang Baik Menyimpan Susu Menurut Dietisien

12 Jul 2024 10:29 wib. 143
0 0
Menyimpan Susu Menurut Dietisien
Sumber foto: google

Dietisien dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Fitri Hudayani, memiliki tips spesifik dalam menyimpan susu agar tetap menjaga kualitas dan manfaat gizinya. Fitri mengungkapkan bahwa penyimpanan susu harus disesuaikan dengan jenisnya untuk memastikan nilai gizinya tetap optimal.

Menurut Fitri, susu bubuk sebaiknya disimpan di tempat yang tertutup, kering, dan kedap dengan suhu sejuk di bawah 30 derajat Celsius. Sementara untuk susu cair, disarankan untuk disimpan di suhu chiller (lemari pendingin) kurang dari 8 derajat Celsius. Hal ini penting untuk mencegah penurunan kualitas dan nilai gizi susu akibat penyimpanan yang tidak tepat.

Selain itu, Fitri juga menyarankan untuk memperhatikan cara pemanasan susu. Menurutnya, susu cair yang telah dipasteurisasi dapat dipanaskan dengan suhu di atas 60 derajat Celsius untuk menghilangkan bakteri, namun sebaiknya tidak dipanaskan di suhu lebih dari 100 derajat Celsius. Ini dilakukan untuk mencegah denaturasi protein yang dapat menyebabkan penurunan kualitas susu.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

manfaat push up
0 Suka, 0 Komentar, 24 Jun 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.