Tampang

Ada 3 Tipe Generasi Sandwich, Kamu yang Mana?

15 Sep 2024 08:17 wib. 64
0 0
Ada 3 Tipe Generasi Sandwich, Kamu yang Mana?
Sumber foto: iStock

Istilah generasi sandwich semakin sering terdengar dalam diskusi tentang tantangan finansial modern. Generasi ini tidak hanya menanggung beban kehidupan mereka sendiri, tetapi juga bertanggung jawab atas kesejahteraan keluarga mereka, termasuk orang tua yang semakin menua. Keadaan ini menciptakan tekanan finansial dan emosional yang besar, mengharuskan mereka mengelola dua generasi sekaligus-anak-anak dan orang tua-di tengah tuntutan kehidupan sehari-hari.

Fenomena ini menjadi semakin umum, terutama di negara-negara dengan struktur keluarga yang masih sangat bergantung pada hubungan antar-generasi. Generasi sandwich sering kali harus berjuang mengatur keuangan, mempersiapkan dana pendidikan anak-anak, hingga merencanakan perawatan bagi orang tua, yang semuanya membutuhkan perencanaan dan pengelolaan yang cermat.

Generasi ini, sejatinya, terbagi ke dalam tiga kategori utama yang menggambarkan seberapa besar tanggungan yang mereka hadapi. Masing-masing kategori memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai beban yang harus ditanggung oleh mereka yang berada dalam kondisi ini. Berikut penjelasan mengenai tiga kategori tersebut.

Traditional Sandwich Generation

Mereka yang masuk dalam kategori ini menanggung beban hidup orangtuanya, sekaligus pasangan dan anaknya. Tipe ini merupakan tipe yang seringkali diperbincangkan karena merupakan tipe umum dan sering menjadi studi kasus para perencana keuangan.

Club Sandwich Generation

Beban club sandwich generation tentu lebih besar ketimbang yang tradisional. Hal itu disebabkan karena, club sandwich menanggung beban keuangan keluarga di atas orangtuanya yang tidak lain adalah kakek-neneknya. Dan bukan tidak mungkin, bisa saja mereka menanggung biaya hidup cucu-cucunya apabila mereka sudah memiliki cucu. Generasi sandwich yang satu ini umumnya berasal dari seseorang yang lahir dari keluarga besar.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Yuk..Temani Anak Belajar di 1820
0 Suka, 0 Komentar, 21 Mei 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?