Tampang

Takut! Beban Warga RI Bisa Selangit Kalau Dua Tarif Ini Naik

4 Jul 2024 19:07 wib. 131
0 0
Takut! Beban Warga RI Bisa Selangit Kalau Dua Tarif Ini Naik
Sumber foto: iStock

Data dari Satu Data Kementerian Ketenagakerjaan juga menunjukkan bahwa ada peningkatan jumlah orang tenaga kerja di Indonesia yang terdampak PHK sebesar 48,48% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Selain tarif operasional yang berpotensi naik, kalangan pengusaha juga mengkhawatirkan kenaikan PPN menjadi 12% pada 2025 mendatang. Ini disebut sebagai momok menakutkan bagi dunia usaha dan perekonomian Indonesia oleh Tim Analis Kebijakan Ekonomi Apindo, Ajib Hamdani. Penurunan daya beli dapat menekan pertumbuhan ekonomi, oleh karena itu, dibutuhkan insentif bagi pendorong daya beli, terutama bagi kelas menengah.

Selain itu, kebijakan yang pro mendukung peningkatan pendapatan kelas menengah juga menjadi perhatian. Kebijakan seperti membiarkan upah minimum tumbuh lebih tinggi sesuai dengan inflasi bisa menjadi solusi untuk mendorong daya beli warga menengah. Jika tidak dilakukan, daya beli dan konsumsi akan terus turun hingga menganggu dunia usaha dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Menurut Chief Economist Trimegah Sekuritas, Fakhrul Fulvian, pemerintah harus fokus pada peningkatan pendapatan masyarakat dalam beberapa tahun ke depan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.