Tampang

Pertumbuhan Ekonomi Batam Meningkat Pesat, Konsumsi Listrik Melesat

19 Jul 2024 13:51 wib. 93
0 0
Pertumbuhan Ekonomi Batam Moncer, Konsumsi Listrik Ikut Menanjak
Sumber foto: Goggle

Pertumbuhan ekonomi di Batam yang mendongkrak sebesar 7,04% pada akhir tahun 2023 telah mendorong peningkatan konsumsi listrik di kota tersebut. Tercatat bahwa konsumsi listrik meningkat sebesar 9,06% pada tahun sebelumnya, dan diproyeksikan akan melonjak sebesar 10%-15% dalam tahun ini. Sebagai dampak dari pertumbuhan ekonomi yang signifikan, hal ini menjadi salah satu indikator penting dari perkembangan ekonomi suatu daerah.

Menurut Sekretaris Perusahaan PLN Batam, Zulhamdi, sejak tahun 2022 pasca pandemi, konsumsi listrik mengalami peningkatan yang signifikan hingga mencapai 14,71%. Selain itu, dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL), PLN Batam memproyeksikan peningkatan kebutuhan tenaga listrik hingga 10 tahun ke depan dengan pertumbuhan rata-rata sekitar 6% per tahun. Untuk memenuhi kebutuhan ini, PLN Batam berencana menambah daya sebesar 860 megawatt (MW) yang terdiri dari PLTS sebesar 126 MW, PLTG sebesar 50 MW, PLTGU sebesar 159 MW dan PLTMG sebesar 125 MW, serta melakukan kerja sama antar wilayah usaha dengan PLN Persero sebesar 400 MW.

Zulhamdi juga menegaskan adanya hubungan kasualitas antara konsumsi listrik dan pertumbuhan ekonomi. Semakin tinggi penggunaan listrik, maka semakin tinggi pula aktivitas perekonomian di suatu daerah. Hal ini sejalan dengan pengamatan dari akademisi Fakultas Ekonomi Universitas Internasional Batam (UIB), Suyono Saputro, yang menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Batam melejit hingga 7,04% pada tahun 2023, melampaui rata-rata nasional dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang hanya mencapai 6,84% pada tahun sebelumnya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Malaikat Mikail
0 Suka, 0 Komentar, 31 Jul 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?