Tampang

Fakta Whoosh: Dugaan Penyebab Kerugian WIKA

14 Jul 2024 09:47 wib. 184
0 0
Fakta Whoosh: Dugaan Penyebab Kerugian WIKA
Sumber foto: google

Whoosh akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2 Oktober 2023, meskipun sebelumnya dijadwalkan akan diluncurkan pada 17 Agustus 2023 sebagai bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Acara peresmian dilakukan di Stasiun Halim, Jakarta. Saat peresmian tersebut, pemerintah mengumumkan bahwa Kereta Cepat Jakarta-Bandung menjadi kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang diberi nama Whoosh.

Nama "Whoosh" dipilih sebagai inspirasi dari suara yang dihasilkan oleh kereta berkecepatan tinggi. Selain itu, nama tersebut merupakan akronim dari "waktu hemat, operasi optimal, dan sistem hebat."

WIKA menyalahkan Whoosh sebagai penyebab utama dari kerugian perusahaan yang mencapai Rp7,12 triliun. Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito, menyatakan bahwa perusahaan harus menghadapi beban bunga yang tinggi. Namun, kerugian WIKA juga disebabkan oleh PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI), anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang memiliki mayoritas saham di PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sebesar 60 persen. Sebaliknya, WIKA hanya memiliki 38 persen saham PSBI.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.