Tampang

Bank Dunia Tuding Beras RI Termahal di ASEAN, Cek Harga Hari Ini

26 Sep 2024 19:35 wib. 33
0 0
Bank Dunia Tuding Beras RI Termahal di ASEAN, Cek Harga Hari Ini
Sumber foto: iStock

Namun begitu, bagaimana jika kita membandingkan harga beras di Indonesia dengan negara-negara di ASEAN?

Mengutip laporan Departemen Pertanian AS (USDA) edisi 6 Agustus 2024, harga beras di Indonesia memang lebih mahal dibandingkan dengan harga beras di Thailand dan Vietnam.

Perlu dicatat bahwa kedua negara ini termasuk dalam negara pemasok beras yang mendistribusikan beras ke Indonesia. Vietnam dan Thailand adalah negara asal impor beras ke Indonesia pada tahun 2023-2024.

Dari data tersebut, tercatat bahwa pada periode Januari-Mei 2024, harga beras jenis IR 64 di Indonesia berada di atas angka Rp14.000 per kg, sedangkan harga beras jenis broken 25% di Thailand dan Vietnam berada di bawah angka Rp10.000 per kg.

Data tersebut juga mengungkap bahwa harga beras di Indonesia, Thailand, dan Vietnam secara konsisten merangkak naik sejak tahun 2022, namun mulai turun setelah mencapai puncaknya pada awal tahun 2024.

Meskipun begitu, harga beras di Indonesia masih dinilai sebagai salah satu yang tertinggi di kawasan ASEAN. Tentu hal ini menjadi perhatian penting karena berdampak langsung terhadap daya beli masyarakat, terutama para petani yang merupakan sektor yang rentan terhadap fluktuasi harga pangan.

Dengan adanya perbedaan harga beras yang signifikan antara Indonesia, Thailand, dan Vietnam, langkah-langkah strategis perlu segera diambil untuk menjaga ketersediaan dan kestabilan harga beras demi menjamin keamanan pangan di Indonesia.

Dalam hal ini, upaya pengawasan dan regulasi terhadap distribusi dan harga beras harus ditingkatkan. Selain itu, pemerintah perlu terus mendorong inovasi dan peningkatan produktivitas di sektor pertanian, khususnya bagi petani, agar mereka dapat memperoleh hasil yang layak dari usaha pertanian mereka.

Seiring dengan itu, kerja sama dengan negara pemasok beras seperti Vietnam dan Thailand juga harus diperkuat agar impor beras dapat dilakukan dengan lebih efisien. Hal ini juga perlu diimbangi dengan upaya pemberdayaan petani lokal untuk meningkatkan produksi beras dalam negeri.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tampil Cantik Dengan Brokoli
0 Suka, 0 Komentar, 21 Mei 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.