Tampang

Apa Itu Full Call Auction & Short Selling? Ini Penjelasannya

19 Jun 2024 18:47 wib. 261
0 0
Apa Itu Full Call Auction & Short Selling? Ini Penjelasannya
Sumber foto: iStock

Sebelumnya, periodic call auction hanya berlaku pada emiten dengan likuiditas perdagangan rendah. Sedangkan short selling adalah transaksi jual beli saham oleh investor yang belum memiliki saham tersebut. Ini adalah strategi perdagangan saham dengan berspekulasi pada penurunan harga saham, yang biasanya digunakan oleh investor yang berpengalaman dan memiliki kemampuan untuk membaca pergerakan saham.

Saat ini, terdapat 93 anggota bursa (AB) yang tercatat di situs web bursa. Namun, belum ada AB yang memiliki izin short sell. Irvan Susandy juga mengatakan pihaknya berencana untuk melonggarkan persyaratan transaksi short selling di Indonesia, termasuk mengenai uptick rule. Sementara itu, per 14 Juni 2024, BEI menetapkan ada 116 saham yang bisa ditransaksikan dengan short selling. BEI telah menetapkan daftar efek yang dapat dijaminkan pada transaksi margin dan short selling. 

Penyesuaian kebijakan FCA dan persiapan untuk implementasi short selling tersebut menunjukkan upaya BEI untuk terus mendorong inovasi dan kemajuan dalam pasar modal Indonesia. Kedua instrumen tersebut diharapkan dapat memberikan fleksibilitas dan kesempatan yang lebih luas bagi para investor dalam melakukan aktivitas perdagangan saham.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.