Tampang

Agroforestri Salak Bali di Tetapkan Jadi Warisan Pertanian Dunia

27 Sep 2024 11:33 wib. 28
0 0
Agroforestri Salak Bali di Tetapkan Jadi Warisan Pertanian Dunia
Sumber foto: Google

FAO dalam pernyataannya juga menekankan bahwa pengakuan terhadap agroforestri salak bali sebagai warisan pertanian dunia diharapkan dapat meningkatkan kesadaran global akan pentingnya pelestarian sistem budidaya tradisional yang berkelanjutan. Dengan demikian, praktik agroforestri seperti ini dapat menjadi contoh bagi banyak negara dalam memanfaatkan keberagaman tanaman dan memperkuat ketahanan pangan serta lingkungan.

Selain manfaat lingkungan, agroforestri salak bali juga memberikan dampak positif dalam hal ekonomi. Para petani salak bali dapat memperoleh pendapatan tambahan dari hasil-hasil tanaman lain yang ditanam di sekitar salak bali, seperti kayu, buah-buahan lain, dan tanaman sayuran. Hal ini sesuai dengan konsep agroforestri yang mendorong diversifikasi dan pemanfaatan ruang secara optimal.

Di sisi lain, keberadaan agroforestri salak bali sebagai warisan pertanian dunia juga membuka peluang bagi pengembangan pariwisata pertanian di Indonesia. Dengan pengakuan ini, diharapkan pariwisata agroforestri di sekitar budidaya salak bali dapat lebih dikenal secara internasional, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah-daerah yang menjadi pusat budidaya salak bali.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Mengejutkan! WhatsApp di Dunia Bisnis
0 Suka, 0 Komentar, 1 Sep 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.