Tampang

Mengenal Ibu Kota Irak: Baghdad, Kota Bersejarah di Timur Tengah

11 Jun 2024 17:31 wib. 43
0 0
Kota Baghdad
Sumber foto: Google

Baghdad adalah ibu kota Irak yang kaya akan sejarah dan kekayaan budaya. Kota ini merupakan pusat politik, ekonomi, dan kebudayaan bagi orang-orang Irak, serta menjadi tuan rumah bagi berbagai tempat bersejarah penting. Sebagai salah satu kota tertua di dunia, Baghdad memiliki daya tarik yang luar biasa bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi kekayaan budaya Irak. Mari kita mengenal lebih jauh tentang ibu kota Irak ini yang kaya akan sejarah.

Baghdad adalah kota yang terletak di tepi Sungai Tigris, menawarkan pemandangan indah dan lanskap yang menakjubkan. Sejarah kota ini dapat ditelusuri kembali lebih dari seribu tahun yang lalu, ketika Baghdad menjadi pusat peradaban Islam. Sebagai pusat ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan di dunia Islam pada masa lalu, Baghdad menjadi tempat lahirnya berbagai penemuan dan inovasi yang berdampak pada kemajuan peradaban manusia.

Salah satu tempat bersejarah yang tidak boleh dilewatkan di Baghdad adalah Al-Mustansiriya Madrasa. Madrasa ini merupakan universitas tertua di dunia, didirikan pada abad ke-13 dan masih tetap berdiri hingga hari ini. Al-Mustansiriya Madrasa merupakan contoh arsitektur Islam klasik yang megah, dengan dinding-dinding yang dihiasi oleh kaligrafi Arab yang indah dan kubah-kubah yang megah.

Selain itu, Baghdad juga memiliki Museum Nasional Irak yang kaya akan koleksi arkeologis dan sejarah. Museum ini menampilkan artefak-artefak langka dari peradaban kuno di Mesopotamia, termasuk patung-patung kuno, prasasti, dan barang-barang dari zaman keemasan peradaban Sumeria, Akkadia, dan Babilonia. Pengunjung dapat menjelajahi sejarah kuno yang memukau melalui koleksi-koleksi yang dipamerkan di museum ini.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%