Tampang

Denervasi: Pengertian dan Penjelasan

22 Jun 2024 18:19 wib. 237
0 0
Pengertian Denervasi
Sumber foto: Google

Denervasi adalah suatu proses dimana saraf-saraf yang mengontrol otot atau organ tertentu diputuskan atau dihancurkan. Prosedur denervasi dapat dilakukan secara terapeutik untuk mengurangi rasa nyeri kronis pada bagian tubuh tertentu, atau sebagai tindakan medis untuk mengatasi gangguan saraf yang mendasari suatu kondisi kesehatan.

Pengertian Denervasi

Denervasi berasal dari kata "denervate" yang berarti menghilangkan atau memotong saraf. Prosedur ini dilakukan untuk menghentikan transmisi sinyal nyeri dari saraf ke otak, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang dialami pasien. Denervasi dapat dilakukan pada berbagai bagian tubuh, seperti persendian, otot, jaringan lunak, atau organ tertentu yang terkait dengan rasa nyeri kronis.

Prosedur Denervasi

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk melakukan denervasi, di antaranya adalah:

1. Denervasi Radiofrekuensi: Prosedur ini menggunakan gelombang radiofrekuensi untuk menghancurkan saraf-saraf yang menyebabkan rasa nyeri. Saraf-saraf tersebut akan dihancurkan dengan panas yang dihasilkan oleh gelombang radiofrekuensi, sehingga tidak lagi dapat mengirimkan sinyal nyeri.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.