Tampang

Politikus Penting Irlandia Mundur dari Partai Terkait dengan Pelecehan Seksual

31 Mar 2024 07:56 wib. 384
0 0
Sir Jeffrey Donaldson
Sumber foto: CREDIT: Liam McBurney/PA

Michelle O'Neill dari Sinn Fein, yang menjabat sebagai Menteri Pertama nasionalis Irlandia Utara, mengatakan bahwa kasus Donaldson seharusnya menjadi perhatian bagi sistem peradilan pidana. "Prioritas saya adalah untuk terus memberikan kepemimpinan yang diharapkan dan pantas diterima oleh masyarakat, dan untuk memastikan koalisi eksekutif empat partai memberikan hasil yang baik bagi seluruh komunitas kami sekarang dan di masa depan," ujarnya.

Irlandia Utara adalah bagian dari Inggris, tetapi memiliki prinsip pembagian kekuasaan. Pemerintahan di Irlandia Utara harus memiliki perwakilan dari kelompok nasionalis yang mendukung kemerdekaan Irlandia Utara dan kelompok serikat pekerja yang ingin Irlandia Utara tetap menjadi bagian Inggris.

Menurut BBC, pembagian kekuasaan tersebut mengharuskan Irlandia Utara memiliki badan eksekutif yang terdiri dari Menteri Pertama dan Wakil Menteri Pertama, yang mewakili kelompok nasionalis dan serikat pekerja. Jika salah satu di antara mereka mengundurkan diri, maka yang lainnya juga harus ikut mundur.

Menteri Pertama dipilih oleh parlemen Irlandia Utara yang telah dimenangi oleh partai terbesar. O'Neill, dari partai Sinn Fein, menjadi Menteri Pertama setelah memenangkan pemilu, sedangkan Wakil Menteri Pertama berasal dari DUP, yaitu Emma Little-Pengelly.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?