Tampang

Viral Data Pelamar Kerja Diduga Dipakai Oknum HRD untuk Pinjol

18 Jul 2024 22:47 wib. 117
0 0
Viral Data Pelamar Kerja Diduga Dipakai Oknum HRD untuk Pinjol
Sumber foto: google

Mulanya, Dewi mengaku sudah lima kali melamar pekerjaan di salah satu PT yang berlokasi di Kota Bogor. Dewi pun rutin mengirimkan berkas identitasnya ke perusahaan tersebut. Namun Dewi selalu ditolak dan tak pernah lolos sampai tahap interview."Aku udah melamar lebih dari 5x sejak tahun 2019, tapi terakhir saya menaruh lamaran di PT tersebut dibulan februari 2024," kata Dewi kepada TribunnewsBogor.com, Minggu (7/7/2024).

Singkat cerita, Dewi pun baru-baru ini iseng membuka aplikasi bank. Alangkah terkejutnya Dewi saat mengetahui datanya dipakai untuk pembukaan rekening salah satu bank pelat merah padahal sebelumnya Dewi mengaku tidak pernah merasa membuka rekening di sana. Saat dicek history transaksi di rekening namanya, Dewi sontak syok menemuikan transaksi berjumlah banyak. Dewi menduga ada transaksi uang dari pinjol ke rekening atas namanya tersebut padahal ia tidak merasa pernah menggunakannya.

Sebagai pelamar kerja, penting bagi anda untuk memastikan bahwa data pribadi yang anda berikan kepada perusahaan dalam proses rekrutmen diperlakukan dengan baik dan dijamin keamanannya. Pastikan untuk bertanya kepada perusahaan terkait kebijakan dan prosedur perlindungan data pribadi sebelum memberikan informasi pribadi anda.

Upaya perlindungan data pribadi pelamar kerja bukanlah hanya tanggung jawab individu, namun juga merupakan tanggung jawab bersama perusahaan dan oknum HRD. Diperlukan langkah konkret dan transparan dalam mengatur penggunaan dan penyimpanan data pelamar kerja untuk mencegah kasus penyalahgunaan data di masa depan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?