Tampang

Penyintas Kanker Testis Mungkin Menghadapi Masalah Jantung Kemudian, Kata Studi

4 Apr 2018 14:56 wib. 1.523
0 0
Penyintas Kanker Testis Mungkin Menghadapi Masalah Jantung Kemudian, Kata Studi

Dalam studi tersebut, Abu Zaid dan rekan-rekannya menganalisis 486 korban kanker testis yang diobati dengan kemoterapi berbasis platinum. Para peneliti menemukan bahwa pasien ini memiliki tingkat faktor risiko penyakit jantung yang lebih tinggi dari normal.

Para peneliti melaporkan bahwa, dibandingkan dengan pria yang tidak menderita kanker testis, yang selamat lebih mungkin memiliki: tekanan darah tinggi (sekitar 43 persen berbanding 31 persen); jumlah kolesterol "jahat" yang lebih tinggi (hampir 18 persen berbanding 9 persen); kadar kolesterol keseluruhan yang lebih tinggi (26 persen versus 11 persen). Mereka juga lebih mungkin kelebihan berat badan (75 persen berbanding 69 persen).

Mereka yang selamat ini juga kurang memiliki kadar kolesterol "baik" yang lebih rendah (sekitar 24 persen berbanding 35 persen), dan kurang mungkin mengalami obesitas perut (28 persen berbanding 40 persen).

"Kami menemukan bahwa satu dari 10 korban kanker testis di bawah usia 30 tahun memiliki sindrom metabolik, dan itu meningkat menjadi lebih dari sepertiga pasien di atas usia 50," kata Abu Zaid.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?