Tampang

Erick Thohir, Perubahan Peringkat FIFA dan Prestasi Gemilang Timnas Indonesia

29 Sep 2024 06:20 wib. 9
0 0
Erick Thohir, Perubahan Peringkat FIFA dan Prestasi Gemilang Timnas Indonesia
Sumber foto: iStock

Perubahan drastis terjadi pada peringkat tim nasional sepak bola Indonesia setelah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dipimpin oleh Erick Thohir. Sejak awal kepemimpinannya pada 2023, peringkat FIFA Tim Garuda melonjak 20 peringkat. Pada update FIFA per 19 September 2024, peringkat tim nasional Indonesia berada di posisi 129. Sementara saat awal kepemimpinan Erick Thohir, timnas berada di urutan 149.

Prestasi yang diraih Timnas Indonesia juga tidak terlepas dari posisi terbaik ketiga di Asia Tenggara berdasarkan peringkat FIFA, berada di bawah Thailand dan Vietnam.

Timnas Indonesia pernah berada di masa kelam pada medio 2016, di mana mereka pernah sejajar dengan tim medioker Asia Tenggara seperti Kamboja dan Laos, bahkan kalah dari Filipina yang sepanjang sejarah selalu dibantai oleh Tim Garuda. Pada tahun 2016, timnas berada di peringkat 191.

Selain peringkat yang melesat, prestasi timnas di era Erick Thohir semakin mengkilap. Berbagai catatan sejarah dan rekor baru berhasil dipecahkan. Beberapa pencapaian tersebut antara lain 13 Lolos Babak 16 Besar di Piala Asia 2023 Qatar. Timnas Indonesia mencetak sejarah baru pada Piala Asia 2023 dengan memastikan lolos melaju ke 16 besar untuk pertama kalinya. Sebelumnya, Timnas Indonesia sudah empat kali berhasil mencatatkan keikutsertaannya di ajang ini tanpa keberhasilan yang membanggakan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.