Tampang

Resolusi yang Dilarang untuk Dekade, Kini Bahasa Mandarin Diajarkan di Masjid Terbesar di Asia Tenggara

14 Jun 2024 18:29 wib. 62
0 0
Resolusi yang Dilarang untuk Dekade, Kini Bahasa Mandarin Diajarkan di Masjid Terbesar di Asia Tenggara
Sumber foto: iStock

Di masa lalu, larangan atas pengajaran bahasa Mandarin di Indonesia sempat menempatkan bahasa tersebut dalam bayang-bayang, tetapi seiring dengan perkembangan hubungan politik dan ekonomi antara Indonesia dan Tiongkok, minat terhadap bahasa Mandarin kembali meningkat. Hal ini tercermin dari keputusan untuk menawarkan kursus bahasa Mandarin di salah satu institusi keagamaan terbesar di Indonesia.

Menawarkan kursus bahasa Mandarin di Masjid Istiqlal adalah suatu inisiatif yang mengejutkan namun sesuai dengan kebutuhan yang nyata di tengah kehadiran wisatawan Tiongkok yang semakin meningkat di Indonesia. Dengan meningkatnya jumlah wisatawan asal Tiongkok yang datang ke Indonesia setiap tahunnya, pemerintah Indonesia telah menyadari pentingnya menjalankan langkah-langkah konkret untuk memfasilitasi komunikasi dengan para wisatawan. Masjid Istiqlal sebagai salah satu destinasi wisata populer juga tidak terkecuali dari kebutuhan tersebut.

Selain itu, kursus bahasa Mandarin tidak hanya bermanfaat bagi staf masjid dalam berinteraksi dengan para tamu, tetapi juga untuk memperkuat hubungan diplomatik antara Indonesia dan Tiongkok. Dengan semakin banyaknya wisatawan Tiongkok yang berkunjung, penting bagi Indonesia untuk memiliki sumber daya manusia yang mampu berkomunikasi dengan mereka. Sehingga, mempelajari bahasa Mandarin di Masjid Istiqlal dapat dianggap sebagai upaya untuk memperkuat kedua negara dalam bidang diplomasi budaya.

Dengan melihat perubahan signifikan dalam kebijakan pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia, ini juga mencerminkan hubungan politik dan ekonomi yang semakin erat antara kedua negara. Tiongkok sendiri telah aktif memberikan bantuan dalam bentuk beasiswa dan program pertukaran pelajar yang mendukung pengembangan bahasa Mandarin di Indonesia. Keterlibatan negara Tiongkok dalam menyediakan sumber daya untuk pembelajaran bahasa Mandarin di Masjid Istiqlal menunjukkan sejauh mana kedua negara ini bekerja sama dalam mempromosikan pemahaman lintas budaya.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%