Tampang

Meteorit Allende: Kunci Memahami Pembentukan Tata Surya

4 Jun 2024 17:18 wib. 81
0 0
Meteorit Allende
Sumber foto: Pinterest

Meteorit Allende adalah salah satu meteorit yang paling penting dalam memahami pembentukan tata surya. Ditemukan di Meksiko pada tahun 1969, meteorit ini telah memberikan para ilmuwan banyak informasi berharga tentang asal-usul dan proses pembentukan tata surya. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa Meteorit Allende begitu penting dalam memahami sejarah tata surya kita.

Meteorit Allende adalah meteorit kelas CI 1 yang ditemukan di dekat desa Allende, di negara bagian Chihuahua, Meksiko. Meteorit ini memiliki usia sekitar 4.567 miliar tahun, hampir seumur tata surya kita. Struktur kristal yang ditemukan di dalamnya memberikan petunjuk penting tentang kondisi di nebula surya primitif, dari mana tata surya kita terbentuk.

Salah satu hal paling menarik tentang Meteorit Allende adalah kandungan isotopnya. Isotop adalah atom-atom dari unsur kimia yang memiliki jumlah proton yang sama namun jumlah neutron yang berbeda. Dalam Meteorit Allende, para ilmuwan menemukan jumlah isotop yang tidak biasa, yang mengindikasikan asal-usulnya dari zonasi panas di nebula surya primitif. Hal ini memberikan petunjuk tentang bagaimana materi di nebula surya diatur dan berevolusi.

Selain itu, Meteorit Allende juga mengandung inklusi kaya kalsium-aluminium. Inklusi tersebut diyakini sebagai saksi langsung dari bentuk-bentuk awal penyusutan nebula surya. Dengan mempelajari inklusi ini, para ilmuwan dapat membentuk gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana tata surya kita terbentuk dari awal hingga menjadi sistem yang kompleks seperti yang kita kenal sekarang.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Permainan Bola Tangkas Online
0 Suka, 0 Komentar, 21 Mei 2019

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%