Tampang

Halo Matahari: Cincin Cahaya Misterius di Sekitar Matahari

21 Jun 2024 11:03 wib. 181
0 0
halo matahari
Sumber foto: Pinterest

Halo matahari adalah fenomena optik yang indah dan menakjubkan yang terjadi ketika cahaya matahari membias melalui kristal es di atmosfer, membentuk cincin cahaya yang melingkari matahari. Fenomena ini seringkali memukau para pengamat alam dan fotografer dengan keindahan dan keajaibannya. Di dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana halo matahari terbentuk, kondisi atmosfer yang diperlukan, dan variasi dari fenomena halo.

Halo matahari terbentuk ketika cahaya matahari memasuki dan dipantulkan oleh kristal es di udara. Kristal es ini biasanya berasal dari awan cirrus yang terbentuk di ketinggian tinggi di atmosfer. Ketika cahaya matahari melewati kristal es, terjadi pembiasan dan pemantulan yang menyebabkan pembentukan cincin cahaya di sekitar matahari. Cincin ini biasanya berbentuk lingkaran dan akan tampak seperti cahaya yang mengelilingi matahari.

Untuk terbentuknya fenomena halo matahari, kondisi atmosfer yang diperlukan adalah adanya kristal es di udara dan cahaya matahari yang cukup kuat. Kristal es tersebut harus memiliki orientasi yang tepat agar cahaya dapat dipantulkan dengan benar dan membentuk cincin cahaya yang indah. Di tempat dengan iklim dingin seperti di daerah kutub atau di pegunungan tinggi, fenomena halo matahari seringkali terjadi karena kondisi atmosfer yang mendukung. Selain itu, fenomena ini juga dapat terjadi di daerah dengan iklim hangat namun dalam kondisi atmosfer tertentu.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Eid di Tengah Puing-Puing Gaza
0 Suka, 0 Komentar, 13 Apr 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.