Tampang

Kominfo Menolak Rencana Akuisisi Bukalapak oleh Temu

8 Okt 2024 14:40 wib. 58
0 0
Kominfo Menolak Rencana Akuisisi Bukalapak oleh Temu
Sumber foto: PMB.unilak.co.id

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan tegas menolak rencana perusahaan asal China, Temu, untuk melakukan akuisisi terhadap perusahaan e-commerce lokal terkemuka, Bukalapak.com Tbk (BUKA).

Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi menegaskan penolakan tersebut dalam sebuah acara di Jakarta pada Selasa (8/10/2024). Beliau mengungkapkan kekhawatiran bahwa model bisnis Temu dapat menghancurkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Menurut Budi, pemerintah berkomitmen untuk melindungi UMKM dari persaingan yang tidak sehat, terutama dari perusahaan asing dengan model bisnis direct to customer (D2C) yang dapat merugikan UMKM lokal.

Sejak tahun 2022, Temu telah beberapa kali mencoba untuk memasuki pasar Indonesia. Namun, upaya tersebut selalu dihadang oleh pemerintah, yang menganggapnya sebagai ancaman bagi UMKM lokal.

Adanya rumor bahwa Temu sedang mencari cara untuk masuk ke Indonesia melalui akuisisi Bukalapak, membuat saham perusahaan e-commerce tersebut mengalami lonjakan signifikan pada hari Senin. Saham Bukalapak tercatat naik sebesar 3 poin atau setara dengan 2,08%, mencapai level Rp147 per saham. Kenaikan ini terus berlanjut hingga pukul 13.45.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.