Tampang

11 Cara Hindari Maling M-Banking Agar Rekening Tak Dikuras Habis

7 Jul 2024 18:35 wib. 304
0 0
11 Cara Hindari Maling M-Banking Agar Rekening Tak Dikuras Habis
Sumber foto: iStock

9. Hindari transaksi di tempat umum dan jaringan WIFI gratis

Untuk keamanan yang lebih baik, nasabah sebaiknya menghindari melakukan transaksi m-banking di tempat umum seperti warnet atau menggunakan jaringan WIFI gratis. Jaringan yang bersifat terbuka ini dapat berpotensi membahayakan data pribadi nasabah dan rentan disusupi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

10. Proses log out setelah selesai melakukan transaksi

Setelah menyelesaikan transaksi m-banking, pastikan nasabah sudah melakukan proses log out dari akun masing-masing. Ini bertujuan untuk mencegah akses yang tidak sah dari pihak lain yang mungkin menggunakan perangkat yang sama.

11. Hapus data saat berganti ponsel

Terakhir, saat nasabah hendak membuang atau menjual ponsel lamanya, pastikan bahwa semua data pribadi dan informasi terkait m-banking telah terhapus secara menyeluruh. Melakukan penghapusan data secara menyeluruh ini akan membantu mencegah informasi pribadi dari jatuh ke tangan yang salah.

Berbagai langkah di atas menjadi penting sebagai upaya pencegahan terhadap kejahatan m-banking. Dengan mengikuti pedoman keamanan dari OJK, diharapkan nasabah dapat menggunakan layanan m-banking dengan lebih aman dan dapat menghindari risiko tindak kriminal dalam dunia digital banking.

Menjaga keamanan dalam bertransaksi m-banking tidak hanya menjadi tanggung jawab dari pihak bank atau penyedia layanan, namun juga tanggung jawab setiap nasabah yang menggunakan layanan tersebut. Dengan disiplin menerapkan tips keamanan tersebut, nasabah dapat meminimalisir risiko kerugian dari tindakan kejahatan m-banking. Keamanan informasi dan transaksi perbankan merupakan hal yang sangat penting, dan kesadaran akan pentingnya tindakan pencegahan dapat mencegah kasus-kasus penipuan dan pencurian yang merugikan nasabah. Oleh karena itu, mengenali dan menerapkan tips-tips keamanan m-banking menjadi sangat penting bagi setiap penggunal ayanan perbankan digital.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Orang-Orang yang Didoakan Oleh Malaikat
0 Suka, 0 Komentar, 24 Sep 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.