Tampang

Keutamaan Membaca Al-Qur'an Panduan dan Manfaatnya dengan lima tagar

26 Jul 2024 11:38 wib. 105
0 0
Keutamaan Membaca Al-Qur'an Panduan dan Manfaatnya dengan lima tagar
Sumber foto: google

Bacaan Al-Qur'an mempunyai kedudukan dan nilai yang sangat tinggi dalam agama Islam. Keutamaan membaca Al-Qur'an menjadi suatu panduan dan manfaat bagi umat Muslim sehari-hari. Al-Qur'an bukanlah sekadar bacaan belaka, melainkan merupakan petunjuk bagi kehidupan manusia, sumber hikmah, dan pedoman dalam segala aspek kehidupan. Maka dari itu, penting bagi setiap umat Muslim untuk memahami dan mengamalkan keutamaan membaca Al-Qur'an serta manfaatnya. Berikut ini adalah uraian mengenai keutamaan membaca Al-Qur'an beserta panduan dan manfaatnya.

Keutamaan Membaca Al-Qur'an

Keutamaan membaca Al-Qur'an dapat ditemukan dalam banyak hadis dan ayat Al-Qur'an. Allah SWT sendiri menyatakan keagungan Al-Qur'an dalam surah Al-Baqarah ayat 185, “Shahru Ramadhan alladzi unzila fiihil quran, hudan linnasi wa bayyinaatim minal hudaa wal furqaan.” Yakni, "Bulan Ramadan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, menjadi petunjuk bagi manusia, penjelasan mengenai petunjuk tersebut, dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)."

Salah satu keutamaan membaca Al-Qur'an adalah bahwa setiap huruf dalam Al-Qur'an memiliki pahala yang berlipat ganda. Dari Aisyah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan yang berlipat sepuluh kali. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

Selain itu, membiasakan membaca Al-Qur'an juga akan mendatangkan ketenangan dan kedamaian jiwa. Quran adalah obat yang sangat mujarab untuk menenangkan hati yang gelisah. Dengan mendekatkan diri kepada Al-Qur'an serta membaca dan memahami isinya, seseorang akan merasakan ketenangan batin yang tidak bisa diperoleh dari hal-hal lain.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?